Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Pakan Kelinci Dari Dedak

Cara Membuat Pakan Kelinci Dari Dedak


Mungkin kalian yang masih baru beternak kelinci bertanya, bagaimana sih cara membuat pakan kelinci dari dedak?

Ada banyak sekali pakan alternatif untuk kelinci seperti ampas tahu, sayuran dan lain-lain. Dari berbagai macam pakan tersebut kali ini saya akan membahas cara membuat pakan kelinci dari dedak.

Oke langsung saja kita menuju ke pembahasan.

Cara membuat pakan kelinci dari dedak

Untuk medapatkan dedak kalian bisa membelinya di pasar hewan terdekat, atau bisa di toko makanan hewan biasanya ada, atau bisa juga langsung ke tempat penggilingan gabah. 

Keuntungan jika kalian mebeli dedak langsung di tempat penggilingan maka akan mendapat keuntungann, yaitu mendapatkannya dengan harga lebih murah.

Untuk harga dedak saat ini di tempat saya sekitar 3 ribu rupiah, entah di tempat lain, biasanya beda tempat juga beda harga.

Untuk cara membuat pakan dengan dedak itu sangatlah mudah, Nah khusus untuk kelinci yang masih muda saat pemberian pakan silahkan kalian tambahkan sedikit air pada dedak dan tambahkan sedikit garam. Dan setelah itu silahkan aduk-aduk hingga merata.

Untuk pemberian pakan dedak kelinci dewasa berbeda dengan kelinci muda, untuk kelinci dewasa dedak bisa langsung di taruh ke wadah pakan yang sudah di siapkan, dan pastikan bahwa ketersediaan air untuk minum kelinci cukup, jika sudah habis silahkan isi kembali. Karena agar kelinci tidak seret saat makan dedak.

Untuk dedak sendiri bisa kalian berikan pada waktu sore hari sebagai makanan pendamping sayuran atau rumput.

Manfaat dedak untuk kelinci

Manfaat dedak untuk kelinci sangatlah banyak, selain mudah di dapat dan juga harganya yang terbilang murah dan tidak membuat kantong kering hehehe.

Selain itu jika kalian memiliki kesibukan dedak cocok untuk pakan kelinci, karena mudah saat meberikan pakan dan juga tidak ribet.

Dedak mengandung protein yang cukup tinggi, selain itu juga dedak memiliki kandungan karbohidrat dan serat yang bagus untuk tumbuh kembang kelinci.

Apakah boleh konsentrat kelinci hanya dedak?

Tentu boleh. Kelinci saja dengan pakan rumput dan sayur saja bisa, dan sehat. 

Untuk dedak itu digunakan untuk pakan tambahan saja, jangan sampai dedak kalian gunakan dedak sebagai makanan utama.

Yang perlu di ketahui adalah jika kalian memberikan pakan dedak terlalu banyak akan mengakibatkan pencernaan kelinci bisa terganggu, karena sistem perncernaan pada kelinci tidak seharusnya menerima dedak terlalu banya, selain itu dedak juga mengandung zat pencahar.

Trimakasih telah mengunjungi blog saya, semoga artikel saya kali ini bermanfaat.
Gala Esports
Gala Esports Kumpulan Tips, Trik, Tutorial Dan Informasi.